welcome my blog

Kamis, 23 Mei 2013

SMA N 2 METRO SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA


Assalamu’alaikum wr.wb
   Hai sobat , bersama lagi di blog saya , kali ini saya akan membahas yang bertema go green dan dari tema itu saya mengambil judul tentang adiwiyata sekolah saya yaitu sekolah SMA N 2 Metro yang alhamdulillah pada tahun 2012 masuk dalam kategori sekolah adiwiyata. Wih , bangga banget deh rasanya .. hehe
Seiring dengan laju pertumbuhan Global Warming yang semakin mendunia, oleh sebab itu saya salah satu siswa di SMAN 2 Metro semakin tertarik untuk menuliskan beberapa kata yang berkaitan dengan Go Green guna untuk mengurangi efek Global Warming.

    Dan kali ini smanda metro yang sebagai sekolah adiwiyata berusaha untuk dapat melaksanakan program kerja adiwiyata dengan baik serta mengikutsertakan SMA N 2 metro ini masuk dalam juara lomba adiwiyata. Amin amin ...
Okey ,, langsung aja yaa ,.. tapi sebelum saya kasih tahu tentang SMA N 2 Metro
Kalian ada yang tahu gag apa itu go green ?? dan gimana sih yang di maksud sekolah adiwiyata itu ??
Baiklah mari kita ulas bersama ...
 Secara sederhana, Go Green itu merupakan propaganda yang biasa digunakan dalam kampanye peduli lingkungan, atau bisa juga dikatakan sebagai gerakan 'back to basic' kesadaran lingkungan. Porpaganda ini tujuannya macam-macam, termasuk meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan
Adiwiyata    : tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju keada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Program Adiwiyata adalah : salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.
Tujuan Program Adiwiyata adalah : menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian  hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian  Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.
Prinsi Program Adiwiyata:
  1. Partisipataif: Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung Jawab.
  2. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.
Keuntungan yang di peroleh sekolah mengikuti program Adiwiyata:
  1. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya .
  2. Meningkatkan penghematan sumber daya dan energi
  3. Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
  4. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah
  5. Meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
  6. Menjadi tepat pemebelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.
   Setelah kita tahu apa itu go green dan adiwiyata , saya akan mengulas tentang Smanda ,. SMA N 2 metro atau  yang biasa disapa dengan smanda ini sudah merupakan sekolah adiwiyata pada tahun 2012. Banyak hal yang kita lakukan di Smanda ini sobat , contoh kecil nya budaya membuang sampah pada tempatnya. Walau pun itu sederhana , tapi sudah merupakan bentuk kasih sayang kita kepada lingkungan bahkan itu juga menguntungkan untuk diri kita sendiri sebagai makhluk ciptaan tuhan (khalifah ) dimuka bumi ini yang harus menjaga bumi kita ini yang setiap hari bahkan setiap saat kita berbaur dengan lingkungan , menghirup udara segar yang berasal dari tanaman / lingkungan sekitar.ini juga merupakan salah satu program adiwiyata sobat..
Dan kami , berusaha untuk bisa melakukan bahkan menjadi budaya untuk menjaga lingkungan. Inilah gambaran sekilas sebagai sekolah adiwiyata SMA N 2 METRO :

Siswa smanda yang melakukan penanaman tanaman di sekolah. Kerja bakti siswa-siawi smanda dalam membersihkan kelas.

 Kerja bakti siswa siswi smanda dengan cara bersih-bersih kelas dan menata tata ruang hidup dalam lingkungan sekolah. Ini merupakan salah satu wujud untuk menciptakan sekolah yang asri, indah dan sehat.
 Pembuatan pupuk kompos yang di lakukan oleh siswa siswi smanda dengan bimbingan guru pak Mariman . Pupuk kompos ini menggunakan sampah-sampah organik yang nantinya akan diolah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan sebagai penyubur tanaman.
 Kegiatan program kerja siswa siswi smanda dalam rangka penanaman 1000 pohon dan guru-guru yang ikut berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan tersebut .^^
 
    Nah, gambar yang di atas ini adalah karya siswa siswi smanda sobat dengan barang barang bekas or barang barang yang udah gag kepake lagi. Jangan heran sobat , barang bekas juga masih bisa dimanfaat’n loh , jadi jangan hanya dibuang dengan percuma. Hal yang tadinya gak bernilai apa-apa akan menjadi sesuatu yang bernilai harganya . Contoh nya ya ini , menggunakan koran bekas dan barang-barang  lainnya untuk membuat suatu karya. Wihh , keren kan sobat .. hoho
Gak hanya itu sobat , sekolah saya ini juga ada rumah hijau atau biasa disebut green house, bank sampah dll. Ada beberapa upaya/program yang di jalankan di smanda metro ini :

  • ·         Budaya Hemat Air dan Listrik

   Hemat air dan listrik tidak lepas dengan progam adiwiyata, karena listrik dan air merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan kita sehari-hari. Maka, di smanda bepartisipasi untuk membudayakan hemat air dan listrik dengan menggunakannya seperlunya dan sebaik mungkin.
   Selain itu, Disekolah SMA Negeri 2 Metro juga disediakan tempat cuci tangan yang sekurangnya disediakan satu disetiap kelas, agar warga smanda dapat menjaga kebersihan dan kesehatan. Serta tak lupa didekatnya pun ada slogan yang bertuliskan “Hemat Air” serta penggunaan listrik yang setidaknya dapat kita kurangi dan di sekolah kami pun ada slogan yang bertuliskan “Hemat Listrik”. Setidaknya seluruh warga sekolah dapat melakukan segala hal yang erat kaitannya dengan penghematan air dan listrik.

  •          Budaya membuang sampah pada tempatnya


Sampah dibagi menjadi 3 kelompok yaitu organik, anorganik dan B3. Di smanda diterapkan budaya membuang sampah pada tempatnya. Jadi,  membuang sampah juga tidak sembarangan tapi juga harus diperhatikan mana tempat sampah untuk membuang sampah organik, anorganik dan B3. Mari kita simak bersama ..
1.  Tempat sampah untuk sampah organik dengan warna hijau yakni seperti daun-daunan, sisa makanan dll
2.  Tempat sampah untuk sampah anorganik dengan warna kuning yakni berisi sampah yang berupa plastik, aqua, bungkus makanan dll
3.  Tempat sampah untuk B3 (Bahan Beracun Berbahaya) dengan warna merah yaitu berisi sampah yang mengandung zat-zat kimia berbahaya/barang-barang yang berbahaya, contohnya kaleng bekas, pecahan kaca, besi-besi dll
 

  • ·         Budaya menjaga , merawat dan memelihara tanaman serta lingkungan sekitar



Menjaga , merawat dan memelihara tanaman selain tidak lepas dari program adiwiyata juga penting bagi kita bahkan bumi kita. Dengan cara itu kita bisa mengurangi global warming (STOP GLOBAL WARMING)
  • ·         Menjaga kebersihan lingkungan


Kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, bukan hanya lingkungan saja lho tapi juga kebersihan diri. Disekolah saya , sangat diterapkan untuk menjaga kebersihan lingkungan bahkan setiap hari selalu diadakan operasi semut, maksudnya membersihkan sampah yang ada di kelas/laci meja.  Ini juga termasuk bentuk program dari sekolah adiwiyata. Dan kita juga dapat terhindar dari segala penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tak sehat/kotor.
  • ·         Pembuatan  pupuk kompos
Di smanda telah ada pembuatan pupuk kompos  yang dilakukan oleh warga smanda tersebut. Ini merupakan bentuk partisipasi agar sampah-sampah organik yang sudah tidak dipakai dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos alami.
 
  • ·         Mendaur ulang barang-barang bekas
 
Mendaur ulang barang-baang bekas adalah salah satu program adiwiyata. Memanfaatkan barang-baang bekas yang awalnya tidak berguna menjadi barang yang bernilai harganya. Inilah gambar karya siawa-siswi SMA N 2 METRO membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas.
  • ·         Green house
    Rumah kaca (atau rumah hijau) adalah sebuah bangunan di mana tanaman dibudidayakan. Sebuah rumah kaca terbuat dari gelas atau plastik; Dia menjadi panas karena radiasi elektromagnetik yang datang dari matahari memanaskan tumbuhan, tanah, dan barang lainnya di dalam bangunan ini. Kaca yang digunakan untuk rumah kerja bekerja sebagai medium transmisi yang dapat memilih frekuensi spektral yang berbeda-beda, dan efeknya adalah untuk menangkap energi di dalam rumah kaca, yang memanaskan tumbuhan dan tanah di dalamnya yang juga memanaskan udara dekat tanah dan udara ini dicegah naik ke atas dan mengalir keluar. Oleh karena itu rumah kaca bekerja dengan menangkap radiasi elektromagnetik dan mencegah konveksi.
    Rumah kaca sering kali digunakan untuk mengembangkan bungabuah dan tanamantembakauLebah bumble adalah polinator pilihan untuk banyak polinasi rumah kaca, meskipun tipe lebah lain juga digunakan, dan juga polinasi buatan.
   Selain tembakau, banyak sayuran dan bunga juga dikembangkan di rumah kaca pada akhir musim dingin atau awal musim semi, yang kemudian dipindahkan ke luar begitu cuaca menjadi hangat.
  • ·         Bank sampah

Bank sampah adalah tempat pengumpulan sampah yang telah disisihkan sebelumnya yakni sampah yang sekiranya dapat dimasukkan ke bank sampah adalah sampah yang bersifat kering dan tentunya dapat di daur ulang. Beberapa contoh sampah yang dapat dimasukkan adalah berupa koran, kertas, plastik bekas minuman, dan botol plastik. Dalam mewujudkan sekolah adiwiyata mari bersama-sama kita menabung sampah di bank sampah yang telah disediakan oleh sekolah dan mari kita jaga dan kita manfaatkan sebaik-baiknya.// Go Green

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright© AMDAL